Kamis, 16 April 2009

Bertemu Mita (short story edition) bag. 1

Namaku Opi. Selama menjadi siswa di sekolah teknik ini aku jarang banget masuk ruangan yang banyak anak anak bilang sebagai gudangnya ilmu pengetahuan. Tapi klo bilang masalah interest nggaknya sih, aku interest banget dengan yang namanya membaca. Nggak itu tentang pelajaran, berita di koran, cerpen novel, juga info tentang selebritis. Cuma satu yang aku males buat baca, meski masuk sebagai siswa teknik mesin, aku nggak suka banget baca masalah teknologi ato penemuan penemuan baru tentang mesin. Nggak tau deh knapa.

Nggak seperti temanku yang namanya Dian. Hampir tiap hari dia bolak balik perpus dengan setumpuk buku di tanganya.emang temenku yang satu ini lain dari yang lain. Mungkin cuma dia yang demen banget keluar amsuk perpus.

Mungkin masalah utamanya karena aku nggak punya kartu perpus. Waktu sistemnya diganti ke sistem komputer, aku nggak sempet buat daftar. Jadi kartu perpus yang aku punya sekarang ya... yang sistem lama. Sistem analog yang udah nggak berguna lagi. Jadi klo mo ke perpus rasanya naggung banget, nggak bisa pinjem buku apapun.

Tapi setelah ketemu......, nggak tau knapa rasanya aku pengin banget terus ke perpus. Karena cuma disitu aku bisa ketemu dan ngobrol sama dia.

Awalnya sih waktu itu aku gak bawa tugas pelajaran kewirausahaan. Aneh banget deh, masa tugas kewirausahaan suruh bawa bambu. Mana nyuruhnya nggak cukup satu dua lagi, ini malah sampe 15. dimana salah satu ujungnya musti ada yang ketutup. Emang aneh tuh guru.

Namanya Bu Endang. Klo ngajar di sekolah bedaknya bisa tebel banget, udah gitu mukanya berminyak lagi. Pokoknya klo lihat bisa bikin ketawa deh. Apalagi gara gara tubuhnya yang montok banget, tuh guru pernah dijuluki Bancet. Tau gak? Itu tuh, katak ijo yang suka bikin pusing gara gara suaranya klo lagi banjir. Ada ada ajah.

Dulu sih pakenya motor vespa, sejak ganti motor vario Bu Endang suka dipanggil Bu Agnes sama aku dan temen temen. Kacau banget ya...? Malah klo lagi pelajaran tuh, aku suka celetuk “im vario, what abaout you?”. Hehehe, jadi pada ketawa deh.

Tapi klo manggil sih nggak pernah pake nama Bu Agnes. Takut soalnya, secarakan Bu Agnes... eh, Bu Endang orangnya rada galak.

Nah gara gara nggak bawa tuh bambu aku disiruh Bu Endang yang juga bertindak sebagai kepala perpus untuk membersihkan semua ruangan perpus. Termasuk merapikan buku dan koran koran yang pada berceceran habis dibaca para kutu buku. Sebetulnya sih males banget, tapi daripada nggak dapat nilai?

Aku mulai membereskan buku buku dan membersihkannya dengan kemoceng. Untung banget perpus udah sepi, secara jam pelajaran kewirausahaan itu jam ke 7-8. Habis itu pulang. Jadi yang dateng juga hampir nggak ada. Cuma seorang cewe yang kelihatan sibuk dengan tugasnya dan seorang petugas perpus yang juga sibuk dengan komputernya.

Aku sedikit bingung dengan cewe itu. Kok kayaknya serius banget. Setelah satu jam hanya mengamati,

“hey...” ucapku menyapa.

“iya...?” jawabnya tersenyum ramah sambil memandangku.

Wajahnya cantik banget. Tapi udah 1,5 tahun sekolah disini aku aku belum pernah melihat dia. Dari bet di bajunya sih dia anak elektro. Aku kok jadi gugup gini?

“e... klo udah baca, naruh bukunya yang rapih yah...?. Soalnya udah aku rapiin tempatnya”

“iya”

Aku masih gugup melihat wajahnya. Jantungku juga rasanya jadi aneh banget. Secarakan emang jarang banget ngobrol sama cewe. Orang satu kelas temennya cowo semua. Dihadapin dalam suasana kaya ginikan jadi salting.

“Opi...” Bu Rizka, petugas perpus berteriak memanggilku.

Aku bergegas menghampirinya.

“iya, Bu?”

“kamu kembali aja ke kelas, sudah hampir pulang. Perpus juga mau tutup, udah sepi” ucapnya lembut.

“loh, tapikan masih ada siswi disitu” jawabku menunjukan jempolku kebelakang tanpa melihat kebelakang.

Bu Rizka langsung bingung. Beliau menilik kebelakngku dan makin kelihatan bingung.

“ya sudah, nanti Ibu yang bilang”

“makasih, Bu” jawabku lalu berjalan ke sudut perpus menaruh sapu dan kemoceng. Aku sempet melihat cewe itu dan dia juga sempet melempar senyum manisnya. Akupun dibuatnya salting sambil membalas senyumannya.

* * *

Tidak ada komentar:

Posting Komentar